Puasa Wajib Dan Macam-Macam Puasa Wajib

Puasa Wajib (Yang harus kita laksanakan dan tidak boleh ditinggalkan)

Puasa Wajib Dan Macam-Macam Puasa Wajib - Pengertian Puasa Wajib adalah hukumnya wajib yang harus dikerjakan dan dilaksanakan akan mendapatkan pahala, jika tidak dikerjakan dan dilaksanakan akan mendapatkan dosa. Berikut macam-macam puasa wajib yang sebaiknya kita ketahui :

A. Puasa Ramadhan

Pengertian Puasa Ramadhan adalah puasa yang dikerjakan pada saat bulan Ramadhan sebanyak 30 hari. Ramadhan di dahului bulan Sya'ban dan di ikuti oleh bulan Syawal. Puasa Ramdhan juga termasuk ke dalam salah satu rukun islam yang ke-4. Hukum Puasa Ramadhan adalah Wajib , hal ini dikarenakan telah dicantumkan dan ditegaskan didalam surat Al-Baqarah [2:183]:

Macam-Macam Puasa Wajib,  Puasa Sunnah, Puasa Haram

yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba 'alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba 'alaa alladziina min qablikum la'allakum tattaquuna

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

B. Puasa Nadzar


Menurut bahasa Nadzar yang berarti mengharuskan/janji, dan menurut istilah syariat dapat diartikan sebagai perbuatan seorang mu'alaf (orang yang telah terbebani syari’at) yang mengharuskan dirinya dengan satu bentuk ibadah, yang mana sesuatu itu pada asalnya tidak wajib atas orang tersebut. Puasa Nadzar adalah puasa yang disebabkan karena janji seseorang untuk mengerjakan puasa.

Niat Puasa Nadzar :


 نويت صوم غد عن أداء النذر لله تعالى
Nawaitus shauma ghadin 'an adain-nadzri lillahi ta'ala

Artinya : Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan nadzar karena Allah ta’ala

Berikut hukum nadzar dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai berikut :

1. Nadzar syirik, yaitu nadzar yang diperuntukkan kepada selain Allah.
2. Nadzar yang Syar’i, yaitu nadzar yang diperuntukkan untuk Allah.


Labels: Kandungan

Thanks for reading Puasa Wajib Dan Macam-Macam Puasa Wajib. Please share...!

0 Comment for "Puasa Wajib Dan Macam-Macam Puasa Wajib"

Back To Top