Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya

1. Kitab Taurat

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS. yang berisi tentang petunjuk dan cahaya kebenaran yang telah dijelaskan didalam QS. Al-Maidah 5:44.

innaa anzalnaa alttawraata fiihaa hudan wanuurun yahkumu bihaa alnnabiyyuuna alladziina aslamuu lilladziina haaduu waalrrabbaaniyyuuna waal-ahbaaru bimaaistuhfizhuu min kitaabi allaahi wakaanuu 'alayhi syuhadaa-a falaa takhsyawuu alnnaasa waikhsyawni walaa tasytaruu bi-aayaatii tsamanan qaliilan waman lam yahkum bimaa anzala allaahu faulaa-ika humu alkaafiruuna

Artinya :  Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. [QS. Surat Al-Maidah 5:44]

Kata Taurat berasal dari bahasa Ibrani, yaitu "thora" yang artinya "instruksi". Kitab Taurat adalah salah satu kitab-kitab dan kitab suci Taurat diwahyukan Allah SWT. kepada Nabi Musa AS. untuk menjadi petunjuk dan bimbingan baginya beserta Bani Israil. Isi pokok yang ada didalam Kitab Taurat dikenal dengan Sepuluh Hukum/Ten Commandements yang berarti Sepuluh Firman yang diterima Nabi Musa AS. di atas Bukit Tursina (Gunung Sinai).

Taurat juga merupakan salah satu dari 3 komponen, diantara lain : Thora, Nabin, dan Khetubin yang terdapat dalam kitab suci agama Yahudi yang disebut dengan Biblia (Al-Kitab), yang belakangan oleh orang-orang Kristen disebut dengan Old Testament (Perjanjian Lama

Baca Juga : Pengertian Dan Perbedaan Iman Kepada Kitab Allah SWT. dengan Suhuf

2. Kitab Zabur

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS. yang berisi do'a, dzikir, pengajaran dan hikmah  yang terdapat dalam QS. Al-Isra' 17:55.

warabbuka a'lamu biman fii alssamaawaati waal-ardhi walaqad fadhdhalnaa ba'dhalnnabiyyiina 'alaa ba'dhin waaataynaa daawuuda zabuuraan

Artinya : Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud. [QS. Al-Isra' 17:55.]

Zabur dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan "mazmur" (jamaknya mazmur), dalam bahasa Ibrani disebut dengan mizmar, yaitu nyanyian rohani yang dianggap suci,  dan kata Zabur/bentuk jamaknya zubur berasal dari zabara-yazburu-zabr yang artinya menulis.

Zabur adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT. kepada kaum Bani Israil melalui Utusan-Nya, Yaitu Nabi Daud AS dan berisi tentang nasehat, pujian kepada Allah SWT, hikmah, dzikir, do'a, serta seruan Allah SWT. agar orang-orang Yahudi mentaati syariat yang telah diajarkan oleh Nabi Musa AS.

3. Kitab Injil

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa AS. yang berisi tentang petunjuk dan penerangan yang telah dijelaskan didalam QS. Surat Al-Maidah 5:46 .


waqaffaynaa 'alaa aatsaarihim bi'iisaa ibni maryama mushaddiqan limaa bayna yadayhi mina alttawraati waaataynaahu al-injiila fiihi hudan wanuurun wamushaddiqan limaa bayna yadayhi mina alttawraati wahudan wamaw'izhatan lilmuttaqiina (qiin)

Artinya : Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan 'Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. [QS. Surat Al-Maidah 5:46]

Kitab Injil yang asli memuat keterangan-keterangan yang nyata dan benar, yaitu tentang perintah-perintah Allah SWT. agar manusian meng-esa-kan dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apapun. Kitab Injil yang sekarang memuat tulisan dan catatan periha kehidupan atau sejarah kehidupan Nabi Isa AS dan ditulis menurut versi penulisnya, yaitu Matius, Markus, Lukas, dan Yahya (Yohana)

4. Kitab Al-Qur'an

Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang berisi tentang ajaran-ajaran Allah SWT. untuk memberi petunjuk dan bimbingan yang benar kepada manusia sepanjang masa yang telah ditulis didalam QS. Surat Fushshilat 41:41-42.

Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya
inna alladziina kafaruu bialdzdzikri lammaa jaa-ahum wa-innahu lakitaabun 'aziizun 

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al Quraan ketika Al Quraan itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Al Quraan itu adalah kitab yang mulia. [QS. Surat Fushshilat 41:41]

Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya
laa ya/tiihi albaathilu min bayni yadayhi walaa min khalfihi tanziilun min hakiimin hamiidin (hamiidin)

Artinya :  Yang tidak datang kepadanya (Al Quraan) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji. [QS. Surat Fushshilat 41:42]

Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. melalui perantara Malaikat Jibril di Gua Hira dan Al-Qur'an diturunkan tidak sekaligus, melainkan secara berangsur-angsur selama kurang lebih 23 tahun atau tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari, yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, 74.437 kalimat, dan 325.345 huruf.

Wahyu pertama kali turun adalah QS. Surat Al-Alaq ayat 1-5, yang diturunkan pada malam 17 Ramadan tahun 610M, di Gua Hira, Ketika Nabi Muhammad SAW. sedang melakukan khalawat. Sedangkan wahyu yang terakhir diturunkan adalah QS. Surat Al-Maidah ayat 3 yang diturunkan pada tanggal 09 Dzulhijjah tahun 10 Hijriyah di Padang Arafah, ketika Nabi Muhammad SAW sedang menunaikan haji wada'(haji Perpisahan).

Mulai saat itu, Nabi Muhammad SAW. diberi tugas oleh Allah SWT. untuk menyampaikan risalah-Nya kepada seluruh umat manusia. Al-Qur'an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. menghapus sebagian syariat yang tertera didalam kitab-kitab terdahulu dan melengkapinya dengan tuntunan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya. Please share...!

0 Comment for "Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya"

Back To Top