Iman Kepada Malaikat Beserta Tugas-Tugas Malaikat

Iman Kepada Malaikat Beserta Tugas-Tugas Malaikat

Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah SWT.

Sebagai umat muslim kita mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT. telah menciptakan malaikat dari cahaya yang di utus oleh Allah SWT. di bumi. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT. yang berupa cahaya dan tidak dapat dilihat oleh mata manusia serta tidak mempunyai hawa nafsu dan pikiran, tidak beranak dan diberanakan.

Iman Kepada Malaikat adalah mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT. telah menciptakan malaikat dari nur (cahaya) dan di tugaskan untuk tugas-tugas tertentu dari Allah SWT.. Iman Kepada Malaikat merupakan Rukun iman yang ke dua.

Nama-Nama Malaikat

Allah SWT. menciptakan malaikat ada banyak sekali, tetapi kita wajib mengimani dan mempercayai cuman ada 10 . Berikut nama-nama Malaikat dan Tugas-Tugas-nya :

1. Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT untuk disampaikan kepada Nabi dan Rasul. Seperti : Nabi Muhammad SAW. menerima wahyu dari Allah SWT. di Gua Hira berupa Surat Al-Alaq ayat 1-5.

2. Malaikat Mikail bertugas untuk membagikan/memberi rizki kepada umat manusia terutama muslim .

3. Malaikat Israfil bertugas untuk meniup terompet sangkakala yang diberikan oleh Allah SWT. pada hari kiamat (Kiamat Kubro).

4. Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa manusia. Sakit tidak nya saat kita akan dicabut nyawa tergantung amal dan ibadah yang kita perbuat. Semoga kita semua akan meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah. Amin...

5. Malaikat Munkar bertugas menanyakan kepada umat manusia yang sudah meninggal dunia di alam kubur bersama Malaikat Nakir.

6. Malaikat Nakir bertugas menanyakan kepada umat manusia yang sudah meninggal dunia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.

7. Malaikat Raqib bertugas mencatat amal perbuatan baik/benar manusia ketika masih hidup. Biasanya Malaikat Raqib terletak diseblelah kanan.

8. 7. Malaikat Atid bertugas mencatat amal perbuatan Jelek manusia ketika masih hidup. Biasanya Malaikat Atidterletak disebelah kiri.

9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

10. Malaikat Malik Bertugas menjaga pintu neraka.




Labels: Pendidikan

Thanks for reading Iman Kepada Malaikat Beserta Tugas-Tugas Malaikat . Please share...!

0 Comment for "Iman Kepada Malaikat Beserta Tugas-Tugas Malaikat "

Back To Top