Niat Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)

Pengertian Sholat

Nabi Muhammad SAW. diperintahkan oleh Allah SWT. untuk melaksanakan rukun islam yang ke-2 yaitu mendirikan shalat dan menyembah serta meminta ampun kepada Allah SWT.. Sholat adalah sebuah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat manusia (muslim) dan merupakan tiang agama. Shalat dilakukan sebanyak 5 waktu dalam sehari dan berjumlah 17 rakaat. Meliputi Subuh 2 Rakaat, Dzuhur 4 Rakaat, Ashar 4 Rakaat, Maghrib 3 Rakaat, dan Isya' 4 Rakaat. Jika kita meninggalkan salah satu dari kewajiban shalat maka akan mendapatkan dosa dan kita yang akan rugi terutama bagi yang sudah baligh/dewasa.

Baca Juga : Shalat Jenazah Lengkap (Pengertian Niat, Tata Cara)

Niat-Niat Shalat

Jika kita melakukan shalat lima waktu sebaiknya membaca niat shalat, hal ini dikarenakan jika kita lupa membaca niat shalat maka Sholat yg kita kerjakan tidakl sah (Dalam artian tidak batal) dan lebih baik mengulang lagi shalatnya. Bagi anda yang tidak hafal niat shalat wajib 5 waktu, jangan khawatir kami akan memberikan bacaan niat Shalat wajib 5 waktu yang ada dibawah ini :

1. Niat Shalat Subuh

Shalat Subuh dilaksanakan pada saat matahari akan muncul sampai terlihatnya matahari. Dilaksanakan sebanyak 2 Rakaat dan kira-kira dimulai dari jam 04.00 sampai jam 05.30 pagi.

Niat  Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)

Ushallii fardhash-shubhi raka'aatim mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat mengerjakan shalat fardhu subuh dua rakaat menghadap kiblat (makmuman/imaman) karena Allah Ta'ala.

2. Niat Shalat Dzuhur

Shalat Dzuhur dilaksanakan pada saat matahari berada di tengah yang membuat bayangan suatu benda memiliki panjang yang sama dengan benda aslinya. Dilaksanakan sebanyak 4 Rakaat dan kurang lebih dimulai jam 12.00- 15.00


Niat  Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)

Ushallii fardhazh-zhuhri arba'a raka'aatim mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat mengerjakan shalat fardhu dzuhur empat rakaat menghadap kiblat (makmuman/imaman) karena Allah Ta'ala.

3. Niat Shalat Ashar

Shalat Ashar dilaksanakan setelah shalat Dzuhur hingga matahari sampai  terbenam (Memasuki Shalat Maghrib). Dilaksanakan Sebanyak 4 Rakaat dan dimulai kurang lebih jam 15.00 sampai 18.00


Niat  Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)

Ushallii fardhal-'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat mengerjakan shalat fardhu ashar empat rakaat menghadap kiblat (makmuman/imaman) karena Allah Ta'ala.

4. Niat Shalat Maghrib

Shalat Maghrib dilaksanakan pada saat matahari mulai terbenam dan hilangnya awan senja berwarna merah. Dilaksanakan sebanyak 3 Rakaat dan dimulai kurang lebih jam 18.00 sampai 19.00 . Shalat Maghrib ini merupakan waktu shalat yang terpedek dari shalat pada umumnya.


Niat  Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)

Ushallii fardhal-maghribi tsalaatsa raka'aatim mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat mengerjakan shalat fardhu maghrib tiga rakaat menghadap kiblat (makmuman/imaman) karena Allah Ta'ala.

5. Niat Shalat Isya'

Shalat Isya dilaksanakan pada saat tidak adanya sinar matahari dan sesudah melaksanakan shalat Maghrib. Dilaksanakan sebanyak 4 Rakaat dan dimulai kurang lebih jam 19.00 sampai 04.00. Shalat Isya' ini merupakan waktu shalat yang terpanjang dari shalat pada umumnya.

Niat  Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)

Ushallii fardhal-'isyaa'i arba'a raka'aatim mustaqbilal-qiblati adaa'an (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya : Saya niat mengerjakan shalat fardhu Isya' empat rakaat menghadap kiblat (makmuman/imaman) karena Allah Ta'ala.
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Niat Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu). Please share...!

0 Comment for "Niat Sholat Wajib Fardhu 17 Rakaat (5 Waktu)"

Back To Top