Pengertian Dan Perbedaan Iman Kepada Kitab Allah SWT. dengan Suhuf

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT.

Apa yang dimaksud Iman Kepada Kitab Allah SWT. ? Iman Kepada Kitab Allah SWT. adalah mempercayai bahwa kitab Allah SWT. benar-benar ada dan di wahyukan kepada Nabi tertentu. Iman Kepada Kitab Allah SWT. merupakan rukum iman yang ke-4. Sedangkan pengertian Kitabullah yaitu kumpulan wahyu-wahyu Allah SWT. yang mengandung petunjuk dan kebenaran. Ajaran-ajaran dalam kitab/kitabullah sesuai dengan zaman, Oleh karena itu isi kitab-kitab tersebut hanya sesuai untuk zaman-nya dengan yang lain.

Setiap umat muslim yang wajib beriman kepada seluruh kitab-kitab Allah SWT. yang terdapat di [QS. Al-Baqarah 2:285].
Pengertian Dan Perbedaan Iman Kepada Kitab Allah SWT. dengan Suhuf
aamana alrrasuulu bimaa unzila ilayhi min rabbihi waalmu/minuuna kullun aamana biallaahi wamalaa-ikatihi wakutubihi warusulihi laa nufarriqu bayna ahadin min rusulihi waqaaluu sami'naa wa-atha'naa ghufraanaka rabbanaa wa-ilayka almashiiru (hiir)

Artinya : Rasul telah beriman kepada Al Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami ta'at." (Mereka berdo'a): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali." [QS. Al-Baqarah 2:285]


Baca Juga : Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya

Pengertian dan Perbedaan Kitab dengan Suhuf

Kitab dan Suhuf merupakan wahyu Allah SWT. yang disampaikan kepada para rasul untuk disampaikan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Berikut perbendaan antara Kitab dan Suhuf sebagai berikut :

Kitab :
A. Wahyu Allah SWT. yang telah disampaikan kepada para rasullah berbentuk buku/kitab.
B. Isi Kitab lebih lengkap jika dibandingkan dengan isi Suhuf.

Suhuf :
A. Wahyu Allah SWT. yang disampaikan kepada para Rasullah, tetapi masih berupa lembaran-lembaran yang terpisah.
B. Isi Suhuf sangat simple dan sederhana.
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Pengertian Dan Perbedaan Iman Kepada Kitab Allah SWT. dengan Suhuf. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Dan Perbedaan Iman Kepada Kitab Allah SWT. dengan Suhuf"

Back To Top